Peduli atau Hanya Ingin Tahu?

Semua pasti setuju bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan rasa ingin tahu yang berlebihan (KEPO - Knowing Every Particular Object). Yang ditakutkan dari rasa ingin tahu yang berlebihan adalah kemungkinan melanggar ranah privacy manusia lain. Lantas bagaimana agar rasa ingin tahu tetap ada pada takarannya? Atau bagaimana caranya menjaga agar tetap KEPO Hasanah, bukan KEPO Sayyiah?


Rasa Ingin Tahu

Well, memiliki rasa ingin tahu (curiousity) itu normal kok. Semua manusia pasti memiliki rasa ingin tahu. Tetapi pertama, harus diketahui dulu bahwa rasa ingin tahu itu ada 2 macam, yang mengarahkan ke sisi positif (bermanfaat) dan yang lebih mengarahkan ke sisi negatif (kebanyakan merugikan orang lain dan diri sendiri). Saran saya berpegang teguh saja pada pesan Marie Curie yang sangat jelas, "Be less curious about people and more curious about ideas". Bahkan Al-Qur'an Surat Al-Hujurat: 12 pun sudah mengingatkan, "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain (tajassus), dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain”.


Rasa ingin tahu sendiri sebenarnya merupakan emosi yang berkaitan dengan keinginan untuk eksplorasi, investigasi, dan belajar. Jika diarahkan dan sesuai dengan jalur maka rasa ingin tahu akan banyak manfaatnya. Sayangnya, secara kodrati manusia itu selalu memiliki rasa yang tahu yang lebih besar pada hal yang negatif. Buktinya lebih banyak orang lebih tertarik pada larangan dengan dalih lebih menantang dan adanya dorongan rasa penasaran yang tidak terkontrol dan terarahkan dengan baik. 

Lebih jauh, memiliki rasa ingin tahu itu memiliki manfaat yang telah saya rangkum sebagai berikut:

  • Menjadi lebih aktif
  • Memiliki ilmu dan wawasan yang luas
  • Menjadi pendengar yang baik
  • Memiliki banyak pengalaman (baik yang dialami langsung ataupun dari cerita orang)
  • Memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik
  • Semakin berani mengambil resiko
  • Meningkatkan kreatifitas

Categories

management (15) supply chain (10) career (9) hairashid (9) FMCG (8) HR (7) hidayah (7) islam (7) retail (6) marketing (5) traveling (5) sales (3) recruiter (2)
Copyright © HAIRASHID | Design by HAIRASHID