Hidayah: Tahajjud


Satu sholat sunnah yang tidak tanggung-tanggung oleh Allah SWT langsung diwahyukan dalam Al-Furqan dan dijanjikan beberapa hal oleh Allah baik di dunia dan di akhirat kelak hanyalah sholat tahajjud. Maka tidak ada kepantasan sedikit-pun bagi kita untuk tidak mengamini, mengamalkannya, dan melanggengkannya.

"Demi Allah, Kalau bukan karena sholat malam, aku tak akan senang hidup di dunia." (Abu Sulaiman ad-Darani)

Bicara tentang sholat sunnah Tahajjud, sebenarnya tahajud adalah kegiatan spiritual yang memiliki nilai penting di mata Allah SWT. Ada beberapa manfaat dan keajaiban sholat tahajud yang mengagumkan dibanding sholat dhuha, sholat hajat maupun sholat - sholat lainnya. Penting bagi pembaca dan pelaksananya untuk tahu apa-apa saja manfaat dan fadhilahnya sebelum melaksanakannya, sebagai motivasi sekaligus meningkatkan kadar keimanan kepada sang Khalik. Dari beberapa manfaatnya, ada beberapa manfaat sholat tahajud yang sengaja saya rangkumkan, diantaranya:

Wajah orang yang langgeng sholat Tahajjud-nya akan bercahaya dan nampak bukti keimanan-nya. 

Allah SWT akan memuliakan para penikmat tahajud dengan "Wujuuhun nuuri", yaitu wajah yang bercahaya, nyaman, dan menyenangkan jika di tatap. Inilah yang menjadi tanda bahwa penikmat tahajud adalah orang yang bertakwa kepada Allah SWT, Tanda - tanda ketakwaan tersebut selalu terlihat oleh orang - orang sekitar, Terkait dengan hal tersebut, Pernah suatu ketika Hasan Al - Basri di tanya oleh seseorang, yang menjadi pertanyaannya adalah, "Mengapa orang yang bertahajud dimalam hari memiliki wajah yang bagus? Hasan Al - Basri pun menjawab, Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, Kemudian Allah SWT memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya" (Al - Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Subhanallah.. Selanjutnya, Dikutip dari Mahmud Mahdi Al - Instanbuli di bukunya Kado Perkawinan Hal 312 ketika mengutip perkataan Ibnul Qayyim di buku Raudha Ath -Thalibin, Bahwa Imam Ibnul Qayyim pernah berkata, "Sesungguhnya sholat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak pada wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan sholat malam, ketika di tanya kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, Sholat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus".

Jadi, buat anda yang ingin wajahnya enak untuk dilihat, Gak ada salahnya anda mencoba Sholat tahajud setiap hari, Efek dari tahajud akan langsung terlihat di hari pertama. Terlebih lagi jika anda telah melakukannya selama 40 hari berturut - turut.

Dijamin Allah SWT sendiri akan dikabulkan doa doa.

Do'a disaat tahajud bagaikan akan panah yang melesat tepat mengenai sasaran (Imam Syafi'i). Amru Ibn 'Abasah pernah berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, "Yaa Rasulullah!, Malam apa yang paling di dengar?". Kemudian Rasulullah SAW menjawab, "Tengah malam terakhir, maka sholat-lah sebanyak yang engkau inginkan, Sesungguhnya waktu tersebut adalah waktu Maktubah masyudah, (Waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdo'a maka didengar do'anya)" (HR. Abu Daud).

Sebagaimana yang diriwayat-kan Bukhari, Muslim, Malik, Turmudzi, dan Abu Dawud. Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Tuhanmu yang Maha Pemberi Berkah dan Maha Mulia selalu turun ke langit dunia setiap malam, pada paruh waktu sepertiga malam terakhir, dan Dia berfirman, 'Barangsiapa yang berdo'a kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, Barangsiapa yang mengajukan permintaan kepada-Ku maka akan Aku berikan. dan Barangsiapa yang memohon ampunan kepada-Ku maka akan aku ampunii".

Selain hadist diatas, ada juga hadist lainnya, Yaitu, dari Jabir, Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, Pasti Allah akan memberinya, dan itu berlangsung di setiap malam." (HR. Muslim)

Diangkat oleh Allah SWT ke tempat yang terpuji

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah Sholat Tahajud (Sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: Mudah - mudahan Tuhanmu mengangkat-mu ketempat yang terpuji." (QS Al - Isra Ayat 79)

Dicintai oleh Allah SWT

Nikmat apa yang lebih indah dari dicintai Allah SWT? Gak ada. Terkait dengan poin ini, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Ada 3 macam manusia, Allah SWT sangat mencintai mereka, tersenyum pada mereka, dan senang pada mereka, Yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus, kemudian ia bangun malam (untuk sholat), Lalu Allah SWT berkata: "Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat aku, seandinya ia berkehendak maka ia akan tidur". (Riwayat Ath - Thabrani).

Terhindar dari kelalaian hati

Terkait hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barangsiapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca 100 ayat, maka ia tidak akan di catat sebagai orang yang lalai, Dan apabila membaca 200 ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas" (Al - Hakim dalam kitab Al - Mustadrak)

Mendapat berbagai kemuliaan

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Jibril mendatangiku dan berkata, 'Wahai Muhammad hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, Cintailah yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, Lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan orang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidak butuhannya adalah  dimuliakan oleh orang lain (HR. Al Baihaqi). Melalui sholat Tahajjud, Allah SWT sendiri yang telah menjanjikan 5 kemuliaan di dunia dan 4 kemuliaan di akhirat sebagai berikut:
a. 5 kemuliaan di dunia
i. Allah menjaganya dari bencana
ii. Tampak bekas taat di wajahnya
iii. Disenangi oleh hamba yang shalih dan seluruh umat manusia
iv. Kata-katanya mengandung hikmah
v. Diberikan kepahaman terhadap agama
b. 4 kemuliaan di akhirat
i. Dimudahkan saat di hisab
ii. Dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang putih cemerlang
iii. Berjalan di atas shirat laksana kilat
iv. Diberikan kitab amalan dengan tangan kanan

Menjadi orang yang rendah hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah, Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari - hari di masyarakat, Allah SWT berfirman, "Adapun hamba - hamba Tuhan yang Maha Pengasih itu adalah orang - orang yang berjalan dengan rendah hati, dan apabila orang - orang bodoh menyapa mereka (dengan kata - kata yang menghina), mereka mengucapkan 'salaam', Dan orang - orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri" (QS. Al - Furqan 64-64)

Pelepas ikatan setan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, Apabila seseorang itu bangkit (bangun) seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, Apabila ia berwudhu maka terlepaslah ikatan kedua, dan apabila ia Sholat maka terlepaslah semua ikatannya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa".

Mencegah perbuatan dosa dan kejahatan

"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang - orang shalih sebelum kalian, Ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa" (HR. Tirmidzi, Al - Hakim, Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al - Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Jaminan masuk surga

Abdullah Ibn Muslin pernah berkata, "Kalimat yang pertama kali aku dengar dari Rasulullah SAW saat itu adalah, 'Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salaam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakanlah sholat malam saat manusia lainnya sedang tidur, Niscaya kalian masuk surga dengan selamat'."

Categories

management (15) supply chain (10) career (9) hairashid (9) FMCG (8) HR (7) hidayah (7) islam (7) retail (6) marketing (5) traveling (5) sales (3) recruiter (2)
Copyright © HAIRASHID | Design by HAIRASHID