Leadership: Kepedulian, Kemampuan, dan Komitmen

Kepemimpinan didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan atau tanpa kekuasaan, melainkan dengan kemampuan komunikasi interpersonal, pemecahan masalah, dan manajemen konflik. Nah dari pengertian tersebut apakah sudah ada gambaran atau cerita dimana kamu menunjukkan sisi leader dalam diri kamu? Disinilah pentingnya berorganisasi bagi applicant fresh graduate untuk berlatih. Atau pentingnya berinisiatif mengambil peran vital bagi yang sudah berpengalaman untuk mengasah kemampuan menjadi pemimpinnya. 


Lebih lanjut, saya ringkas dari beberapa definisi leadership dari segi analisis psikologi mencakup 3 elemen efektivitas, yaitu: kepedulian, kemampuan, dan komitmen.

  • Kepedulian artinya mampu memahami dan sadar akan situasi. Kepedulian merupakan proses berkembang dimana dipelajari dari pengalaman, berkomunikasi, dan dari saran yang didapat.
  • Kemampuan merupakan skill untuk memahami masalah teknis maupun non-teknis yang terjadi. Bisa berupa kemampuan untuk berkomunikasi, identifikasi masalah, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.
  • Komitmen yaitu setia dengan posisi dan sadar akan konsekuensi apapun keputusan yang diambil.

Well, jika kenyataannya kita belum memegang peran vital dalam suatu organisasi, tidak ada ruginya kok kalau kita berlatih dengan pribadi kita masing-masing. Maksudnya, sedini mungkin kita tanamkan sifat dan karakteristik seorang leader dalam diri kita. Nah, berikut adalah karakteristik seorang leader yang sudah saya rangkum dalam berbagai bacaan:

1. Membimbing dengan visi, ingat! Bukan memimpin (Guiding with vision)
2. Passionate 
3. Integrity
4. Kejujuran (Honesty)
5. Kepercayaan
6. Punya rasa ingin tahu tinggi
7. Berani ambil resiko
8. Dedikasi
9. Memiliki dan menjaga kharisma
10. Lebih banyak mendengarkan pendapat

Setelah mengetahui karakteristik seorang leader dan berlatih dengan diri sendiri, atau mendapatkan promosi jabatan menjadi manager , langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan leadership "yang baik" pada jabatan manager tersebut. Ingat! Menjadi leader dan manager adalah dua hal yang sejatinya berbeda, intinya menjadi leader dalam banyak kaca mata pandang selalu lebih baik dibandingkan hanya menjadi manager. Berikut tabel perbedaan antara leader dan manager:


Categories

management (15) supply chain (10) career (9) hairashid (9) FMCG (8) HR (7) hidayah (7) islam (7) retail (6) marketing (5) traveling (5) sales (3) recruiter (2)
Copyright © HAIRASHID | Design by HAIRASHID