Tempat Kerja Idaman


Dulu saat masih menjadi mahasiswa yang taunya cuma belajar di kelas dan berorganisasi, gambaran tentang bagaimana lingkungan kerja yang diidam-idamkan ya hanya ada di angan-angan. Setelah lulus dan merasakan kerja, mulailah terasa apa yang diinginkan dan apa yang tidak diinginkan. Nah berikut ini, berdasarkan pengalaman pribadi, saya buatkan list seperti apa sih lingkungan yang menurut saya ideal untuk bekerja.

Pertama, saya harus tegaskan bahwa "kesempurnaan itu hanya milik Allah" jadi jangan pernah berharap menemukan lingkungan kerja yang benar-benar memenuhi semua kriteria yang saya sebutkan. Menurut saya, list yang saya buat berikut akan berguna khususnya bagi yang sedang interview kerja dan mungkin belum ada gambaran sama sekali. Oke, langsung aja

Dimulai dari jenis pekerjaannya dulu, syaratnya yaitu kamu enjoy dengan posisi-mu. Bisa jadi karena kamu merasa apa yang kamu kerjakan menarik dan menantang. Terlebih kalau pekerjaan kamu bisa memberikan impact (berdampak / bermanfaat) buat banyak orang, pasti setiap hari kamu berangkat ke tempat kerja dengan semangat bak seorang superhero yang kalau libur sehari aja bakal banyak yang nyariin kamu.

Dari faktor motivasi, kebayang dong setelah kamu berlelah-lelahan kerja, ternyata hasil kerjamu dihargai, diakui, dan dihormati. Duh itu goal banget deh! Tentunya dengan demikian kamu akan semakin semangat buat ngelakuin yang terbaik, ya kan?

Selanjutnya yang engga kalah penting adalah budaya lingkungan kerja yang sehat (menyenangkan / engga terlalu kaku), kamu bekerja bersama bahkan dipimpin oleh orang yang hebat. Dari sana setidaknya kamu akan banyak belajar hal baru, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dan karir melalui tugas-tugas yang diberikan. Ingat, bukan orang baik lho ya, sebab kamu masih hidup di dunia, bakal tetep ada orang jahat dimanapun kamu berada. Justru kamu lah yang harus ambil peran buat menjadi si baik di lingkungan kerjamu. Tenang aja, Allah engga pernah tidur dan tahu segala hal baik yang kamu lakukan kok. Hadapi dengan sabar dan bersyukur aja!

Ga ada kerjaan yang hebat kalau kamu engga di support sama management atas. Ingat, setinggi apapun jabatan kamu, kamu tetap berstatus karyawan dan akan selalu nurut sama satu atau lebih orang yang levelnya ada di atasmu. Management yang supportif juga menjadi kunci kamu buat enjoy dalam menjalani aktivitas nine-to-five kamu juga lho!

Nah kalau udah di support penuh sama management, kamu engga akan ada alasan buat engga memiliki kebanggaan pada organisasi-mu, misi-nya dan produknya. Iya kan? 

Terus, tempat kerja yang memungkinkan ada peningkatan karir juga bisa menjadi motivasi kuat buat para pekerjanya. Syaratnya cuma satu, persaingan yang sportif. Karena untuk yang satu ini sulit sekali terwujud, marilah kita serahkan ke Allah aja deh, toh rezeki dan ajal masing-masing sudah diatur. Kita mah cuma harus berusaha sebaik mungkin. 

Terakhir, ga bisa dipungkiri kita semua kerja buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Syukur-syukur kalau bisa berlebih buat ditabung dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Nah disini, maksud saya adalah pekerjaan kamu memberikan salary yang layak dengan tunjangan kerja dan tunjangan jabatan yang pantas. Ingat, jaman romusha sudah berakhir!

Categories

management (15) supply chain (10) career (9) hairashid (9) FMCG (8) HR (7) hidayah (7) islam (7) retail (6) marketing (5) traveling (5) sales (3) recruiter (2)
Copyright © HAIRASHID | Design by HAIRASHID